Sumbangsihku untuk Indonesia



Sumbangsihku untuk Indonesia

Banyak berbagai cara seseorang untuk memberikan sumbangsihnya untuk Indonesia, dan pastinya mereka memiliki caranya masing-masing. Termasuk mahasiswa, banyak kalangan mahasiswa yang menunjukan rasa cintanya dengan cara yang baik dan tidak jarang pula menggunakan cara yang kurang baik. Karena itu banyak kalangan yang memberikan presepsi yang berbeda mengenai pengertian mahasiswa. Ada yang mengatakan mahasiswa adalah agen perubahan, mahasiswa adalah kaum intelektual yang memiliki ilmu yang tinggi. Mahasiswa lahir dari masyarakat dan sudah sepatutnya mahasiswa berperan aktif di dalam membela kepentingan untuk kemajuan bangsa ini.

Ada empat peran yang harus dimiliki oleh mahasiswa:
1.       Agent of change
Mahasiswa berperan di dalam melakukan perubahan terhadap kondisi bangsa. Contohnya dari segi ekonomi kita melihat masih banyak rakyat Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan. Sungguh sangat disayangkan padahal Indonesia terkenal akan kayanya sumber daya alam yang dimiliki tetapi untuk mensejaterahkan kehidupan rakyat saja, negara ini belum mampu untuk melakukannya. Untuk itu mahasiswa sebagai Agent of change diharapkan dapat membuat perubahan terhadap bangsa ini.
2.       Iron stock
Mahasiswa adalah aset yang penting di dalam melakukan pergerakan dan perubahan. Tentunya di dalam menjalankan peran ini mahasiswa harus memiliki skill yang di dapat dari pengalaman organisasi di kampus dan mahasiswa harus memiliki akhlak mulia agar ilmu yang ia dapat dapat dipergunakan untuk melakukan hal-hal yang baik.
3.       Social control
Kontrol yang dilakukan oleh mahasiswa bisa saja dalam bentuk demonstrasi. Selama ini orang berpandangan negatif terhadap mahasiswa yang melakukan demo. Padahal demo yang dilakukan oleh mahasiswa itu semata-mata untuk membela kepentingan masyarakat. Selain dengan demonstrasi, mahasiswa juga dapat melakukan kontrol sosialnya dengan jalan diskusi dan melakukan kajian.
4.       Moral force
Mahasiswa dituntut untuk memiliki akhlak yang baik, karena mahasiswa sebagai teladan ditengah-tengah masyarakat. Untuk itu mahasiswa harus pandai menempatkan diri dan hidup berdampingan ditengah-tengah masyarakat.

Betapa pentingnya peran mahasiswa untuk membangun bangsa ini ke arah yang lebih baik. Untuk itu kita sebagai mahasiswa diharapkan tidak hanya sekedar belajar mencari IP setinggi-tingginya namun kita juga harus berkontribusi nyata di tengah-tengah masyarakat. Karena mahasiswa adalah salah satu unsur terpenting dalam pembangunan bangsa.
Generasi muda adalah penentu perjalanan bangsa pada masa yang akan datang. Mahasiswa sebagai inti dari generasi muda, mempunyai semangat muda yang tinggi, sifat kritisnya, kematangan logikanya dan kreatifitasnya yang tidak diragukan lagi. Tetapi masih ada diantara kita yang hanya menggunakan nama mahasiswa untuk kepentingan pribadi, seharusnya sebagai mahasiswa kita harus bisa menjadi penerus bangsa.


Negara indonesia adalah negara yang sangat kaya. Dengan sumberdaya alam yang melimpah dan keanekaragaman budaya yang ada.  Sampai-sampai negara lain pun iri dengan negara kita tetapi kita belum bisa mengoptimalkan semuanya dengan baik. Sumbangsihku untuk negeri memang belum terlihat karena yang saya lakukan hanya sebatas menjadi mahasiswa yang baik dan tidak membuat sesuatu hal yang membuat negeri kita hancur. Kita sebagai mahasiswa tidak harus memperlihatkan rasa cinta, dan bangga secara berlebihan  karena semua akan ada kosekuensinya. Jadi kita harus belajar dengan rajin supaya bisa menjadikan negara Indonesia semakin maju, bukan hanya perekonomiannya saja tetapi masih banyak yang harus dikembangkan. Seperti kebudayaan, pariwisata dan lain-lain.

Keinginan besar saya adalah bagaimana nantinya Negara Indonesia ini dapat berdiri dan mampu mensejahterakan rakyat dengan mengoptimalkan sumber daya alam dan manusianya. Indonesia harus menjadi negara yang makmur dan terbebas dari kemiskinan. Tidak ada lagi rakyat yang miskin, dan tidak ada lagi anak yang putus sekolah karena kurangnya biaya. Negara ini dapat bersatu, dapat mengeksplor keanekaragaman budaya dan pariwisata yang menjadi kekayaan bangsa ini. Kembalikan Negara ini seperti semula yakni kemakmuran dan kesejahteraan rakyat dapat terpenuhi.

Sekian sumbangsihku untuk Indonesia, semoga dapat terlaksana dan indonesia bisa menjadi negara yang lebih baik lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Novel SEMATA CINTA

Evaluasi buku